Lampu Emergency
(sistem kerja)

Berkembangnya teknologi memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia salah satunya pada sumber penerangan buatan atau lampu. Lampu yang pada awal kemunculannya berbentuk bohlam yang memanfaatkan filamen dengan bola lampu menggunakan material kaca, dengan adanya kemajuan teknologi, kini teknologi lampu sudah beralih menggunakan teknologi LED. Selain peralihan dari bohlam ke LED, saat ini juga terdapat inovasi baru dari lampu yaitu lampu emergency.

Lampu emergency adalah lampu yang bisa menyala di saat listrik padam. Lampu ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi sehingga ketika lampu padam, maka daya yang ada di dalam baterai tersebut akan mengambil alih kebutuhan daya untuk lampu yang membuat lampu dapat tetap menyala ketika dalam kondisi listrik padam.

Sistem kerja lampu emergency yaitu rangkaian yang ada di dalam lampu dapat melakukan proses pengisian (charging) baterai ketika lampu menyala. Ketika lampu di matikan, maka proses pengisian baterai juga berhenti. Daya yang ada pada baterai akan digunakan ketika listrik padam. Sistem dalam lampu emergency juga dapat membedakan kondisi antara lampu yang sengaja dimatikan (switch off) dengan kondisi listrik padam.

Mulanya, lampu emergency menggunakan model lampu CFL yang mengharuskan penggunaan baterai dengan ukuran yang cukup besar. Hal tersebut dikarenakan lampu CFL memerlukan daya yang cukup besar untuk melakukan proses lonjakan energy pada saat awal nyala lampu. Untuk dapat memenuhi kebutuhan daya tersebut, maka digunakanlah baterai dengan kapasitas penyimpanan daya yang besar pula.

Kemudian, munculah inovasi lampu emergency dengan menggunakan LED yang disebut dengan LED emergency. Konsep lampu emergency dengan menggunakan LED dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan CFL. LED yang dapat menghasilkan lumen yang tinggi hanya dengan memakai daya yang sedikit dapat memungkinkan untuk menggunakan bentuk baterai yang lebih kecil. Selain itu, usia lampu LED yang lebih Panjang dibandingkan dengan CFL juga menambah satu lagi keuntungan penggunaan LED untuk lampu emergency.

 

Salam,

 

Sumber :

Rafael A. Pinto, Marcelo R. Cosetin, Murilo Cervi, Alexandre Campos and Ricardo N. do Prado. 2011. EMERGENCY LAMP USING HIGH-BRIGHTNESS LED LAMP. Brazil