Di awal pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home atau bekerja dari rumah. Tujuannya tentu untuk mencegah dan menghindari persebaran dari Covid-19. Namun seiring berjalannya waktu, kebijakan Work From Home mulai dilonggarkan dan banyak perusahaan meminta karyawannya mulai masuk bekerja di kantor atau Work From Office. Pada masa pandemi seperti sekarang, harus ada beberapa kebiasaan baru yang diperhatikan ketika berkerja di kantor. Berikut beberapa tips kebiasan baru yang dapat diterapkan saat bekerja di kantor di era new normal.

1. Selalu Gunakan Masker

Masker menjadi senjata utama dalam mencegah dan menangkal Covid-19. Dengan menggunakan masker dapat membantu mencegah menularkan atau tertular berbagai macam penyakit. Masker yang digunakan dengan benar dapat membantu mencegah virus atau bakteri menyebar melalui cairan yang keluar saat bersin maupun batuk.

2. Sediakan Hand Sanitizer di Area Kerja

Saat bekerja, kita pasti tidak bisa menghindari menyetuh berbagai barang maupun dokumen. Apalagi tidak semua area kerja dekat dengan wastafel atau tempat cuci tangan. Adanya hand sanitizer bisa membantu menjaga kebersihan tangan. Tapi tetap ingat, menggunakan hand sanitizer tidak seoptimal dibandingkan mencuci tangan dengan sabun.

3. Sering Mencuci Tangan dengan Sabun

Selalu luangkan waktu untuk mencuci tangan dengan sabun. Baik ketika sedang ke kamar mandi ataupun dekat dengan tempat cuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun dapat menghilangkan kuman dan virus yang menempel di tangan.

4. Jaga Jarak

Bekerja di kantor tentunya akan lebih sering berinteraksi dengan orang lain. Meskipun begitu jangan segan untuk tetap menerapkan menjaga jarak. Sebisa mungkin hindari berkumpul ramai-ramai. Jika memang kondisi tidak memungkinkan untuk menjaga jarak, tetap ingat untuk selalu memakai masker dan face shield jika ada.

5. Terapkan Meeting Online

Ada baiknya meskipun sudah dikantor, tetapi meeting tetap diterapkan secara online. Meeting online dapat membantu dalam menerapkan jaga jarak saat bekerja di kantor.

6. Bersihkan Area Kerja Secara Berkala

Bersihkan area kerja menggunakan cairan pembersih ataupun cairan disinfektan untuk melindungi dari virus dan kuman. Selain melindungi dari virus dan kuman, area kerja yang bersih dan rapi dapat membantu menunjang pekerjaan.

7. Di Rumah Saja Jika Sedang Sakit

Jika merasa sakit atau tidak enak badan, disarankan untuk istirahat atau memungkinan bekerja dari rumah saja. Badan yang sakit mempunyai potensi menularkan virus atau penyakit kepada orang lain. Selain itu, badan yang kurang sehat membuat imun tubuh menjadi menurun sehingga lebih beresiko tertular berbagai macam penyakit.